Kenapa Kanker Belum Ada Obatnya

Penyakit Kanker

Penyakit sengeri Covid yang ngebunuh jutaan orang bisa kita temuin vaksinnya dalam setahun dan sejak dulu emang udah banyak banget juga penyakit dari yang biasa sampai yang paling bahaya yang selalu kita temuin obatnya. Tapi kalau gitu bagaimana dengan kanker? Kenapa sampai sekarang belum ada obatnya?

Jawaban pendeknya karena kanker itu adalah penyakit yang sangat amat rumit. Mungkin bayangin ini tuh ibarat kita harus nyusun puzzle raksasa pake kacamata super gelap dan tiap dipegang puzzlenya nya nyetrum. Ya, meskipun kanker udah kita temuin sejak zaman Mesir Kuno ribuan tahun lalu, hari ini dia masih jadi misteri. Simpelnya, alasannya itu karena kanker mirip ninja ya. Pertama, mereka itu jago nipu dan sembunyi dari sistem penjaga kesehatan tubuh kita. Kedua, mereka juga ahli ngegandain diri dan mutasi dan kanker yang udah hancur ternyata bisa aja muncul lagi. Nah, itu sungguh mengerikan. Tapi emangnya gimana sih pada awalnya kanker bisa muncul?.

Untuk ngejawab ini, Ayo Zoom in banget buat ngeliat jauh ke dalam tubuh. Nah, biasanya kanker muncul dari sel yang rusak akibat mutasi di DNA, normalnya sel rusak itu punya program bunuh diri. Otomatis biar ga malah ngerusak sel lain, Tapi di sel kanker program ini jadi error dan bikin mereka ga bisa mati dan justru bikin sel yang rusak tambah banyak. Sayangnya, mutasi DNA itu terjadinya acak alias ya kita semua ada resiko kena kanker dan risiko ini bisa makin besar. Kalau hidup kita juga acak-acak kan? Jadi gimana kita bisa selamat kalua lo kena kanker.

Pengobatan Kanker

Kerennya pengobatan kanker udah melaju pesat buat beberapa puluh tahun terakhir. Misalnya dibasmi pake obat-obatan kimia, pake sinar radiasi, atau dibedah dan diangkat. Meski tentu aja ada risiko efek samping dan gak semua pasien bisa diselamatin, tapi mungkin aja semua ini akan segera berubah. Para ilmuwan nemuin satu metode yang punya potensi besar untuk nyembuhin kanker di masa depan. Apa itu?

Harapan itu ada di metode yang mungkin kalian sering denger setahun terakhir ya vaksin Messenger RNA. Setelah diuji coba dan dikembangin besar-besaran buat ngejar vaksin covid kita ngebuka banyak pintu baru yang bisa manfaatin metode ini. Cara kerjanya pun juga kayak vaksin corona yang ngajarin tubuh kita ngenalin si virus nantinya MRNA ngajarin sistem imun kita ini untuk matahin jurus-jurus ninja para sel kanker dan ngedeteksi serta nyaring mereka tanpa ngebahayain kesehatan kita saat ini statusnya, obatnya masih dikembangin dan salah satunya dicoba ke pasien. Gimana hasilnya?.

Mbak Molly ini kena kanker leher yang udah nyebar sampaim dalam mulutnya dia ngejalanin puluhan tahap pengobatan untuk ngilangin kankernya, tapi cuma sepuluh hari kemudian kankernya balik dan bahkan nyebar sampai ke paru-paru. Waktu itu semua jalan udah berasa buntu, dia udah sampai ngerencanain pemakamannya sendiri. Tapi lalu dia ikut uji coba pengobatan kanker pake vaksin MRNA tujuh bulan dan sembilan suntikan kemudian ajaibnya yang berhasil sembuh bersih dari kanker.

Calon obat kanker yang satu ini memang punya harapan besar, selain itu pun banyak juga metode pengobatan lain yang terus dikembangin. Tapi ga berarti itu juga tanpa tantangan dan pasti langsung berhasil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama