Apa Rasanya Jika Tubuh Kita Di Tusuk?

 


Benda ini mungkin salah satu yang paling penting di peradaban manusia karena banyak ngasih manfaat buat kita tapi sekaligus ber ngancam bahaya. Dan ka benda ini sampai menusuk tubuh kita bakal kayak apa, rasanya.

Banyak yang bilang rasanya kayak kena tinju dan selain itu ternyata bisa aja justru ga terlalu berasa sakit, apalagi kalo tegang karena hormon satu ini bakal bikin kita ga langsung nyadar sama lukanya. Tapi lama-kelamaan kita bakal ngerasa kayak ada air hangat keluar dari tubuh kita. Kita bakal ngerasa panik, jatung, makin cepat nafa sesak, bagian tubuh juga makin sakit dan akhirnya pingsan. Kenapa efeknya begitu?

Pendeknya tubuh kita ibarat kaget setelah kehilangan banyak darah. Oke, kita pahami dulu kalua  darah punya tugas nganter oksigen ke seluruh tubuh. Kalau tukang nganternya aja berkurang, bagian-bagian tubuh jadi nggak dapet jata oksigen mereka. Misalnya, otot bisa jadi melemah dan ga kuat berdiri dan otak bisa jadi kliyangan. Lalu rasa-rasa haus muncul karena tubuh kekurangan cairan dan semakin banyak darah yang keluar, semakin bisa nyeba kondisi-kondisi ini di tubuh hingga mungkin ujungnya.

Tapi apa semua tusukan akan berakhir kesana?

Pastinya belum tentu tergantung juga sebanyak dan secepat apa kita kehilangan darah serta lokasi tusukan. Terus senjata yang buat tusuknya juga belum tentu bersih dan bisa bikin infeksi. Belum lagi kerusakan di bagian yang kena tusuk. Sebagian besar yang kena di bagian perut, organ pencernaannya jadi rusak. Kena bagian sini bisa bikin lumpuh, begitu juga di sini, kena bagian sini nyebabin kita nggak bisa berekspresi lagi. Kalau di sini bikin susah atau bahkan kesulitan pas di toilet dan masih banyak lagi yang pastinya nggak ada tempat aman buat kita kena tusuk.

Meskipun begitu gilanya ada juga yang kena tusuk puluhan kali dan tetap selamat. Tapi yang sering orang lupa hal kayak gini, ini tuh ga cuma ngelukain badan tapi juga pikiran. Di banyak kasus kengeriannya bakal membekas dan bikin takut keluar rumah atau trauma kalau ngelihat pisau. Belum lagi ada bekas luka yang bakal selama ngingetin si korban akan kenangan pahitnya. Jadi kalau ternyata ga selamanya fatal sebenarnya gimana luka tusuk kemudian bisa sembuh?

Jadi beberapa hari pertama sel darah ini bakal ngebentuk semacam dalam tanda kutip kain buat nutup luka. Setelah sekitar tiga minggu, kain tadi bakal jadi kering. Di sini lapisan kulit kita mulai kebentuk lagi dan akhirnya kain kering tadi bakal lepas dan jaringan darah di bawahnya mulai normal. Selama itu pun kita harus benar-benar ngejaga luka biar ga infeksi. Tapi gimanapun kalo amit-amit sampe kena tusuk, inget buat segera ke rumah sakit biar ditanganin sama tenaga kesehatan. Ya itu dia yang dirasain kalo kena tusuk. Maka walau benda tajam ini baik gunanya, tapi jangan kepikiran hal iseng cobain yang macem-macem. Kalau kebeset kertas aja udah sakit tentu kita nggak perlu ngerasain kena tusuk.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama