A | Arogansi Para Pengendara Karena Merasa Telah Membayar Pajak
Daftar isi
"Udah syukur gw bayar pajak
STNK itu duit bayar Alphard gua dipakai buat ngebenerin BrT Supaya itu pejalan
kaki bisa naik bis meskinya pejalan kaki cium tangan sama gua." iya bener.
Saat lu beli alphard lo akan bayar kurang lebih setiap tahunnya Sepuluh juta
pajak untuk provinsi, pajak stnk, ya
betul saat lo beli PCX lo akan bayar pajak kurang lebih gope tiap tahunnya.
Betul sudah menyumbang buat negara tapi lu tahu enggak? Lu juga ngerugi negara,
lu bikin polusi.
Kadang-kadang yang engga tau diri
make BBM subsidi lo bikin macet. Nah buat ngurusin polusi macet, jalan bolong sama
tadi BBM subsidi yang lu pake itu pake duit juga itu kenapa lo musti bayar
pajak setiap tahunnya dan itupun yang udah lo bayarin itu ga cukup buat cover
semuanya. Oke lo beli mobil mahal bayar pajak sepuluh juta dua belas juta tapi
jalan bolong gara-gara mobil lo tapi polusi jadi banyak. Gara-gara mobil lo
macet gara-gara mobil lo buat kecover itu semua enggak cukup. Sepuluh juta
digabungin pun semua pajak STNK di provinsi tersebut masih nggak cukup nombok
juga. Polusi itu kalau nggak dibenerin bikin banyak orang kena penyakit
paru-paru, penyakit paru-paru. Kalau dia pakai BPJS yang rugi negara jadi
sebenernya
Lu sekalipun udah bayar pajak
STNK tiap tahunnya lu tetep ngerugiin negara. Sementara pejalan kaki dia nggak ngerugi
negara. Dia malah nguntungin meskipun dia enggak ada banyak STNK- nya. Kalau
macet rata-rata kan mindset pejabat kita bikin flyover biar nggak macet.
Pikirnya itu bikin flyover pakai duit. Semakin banyak orang beli mobil, semakin
itu daerah jadi kesulitan. Dan lagi pula nih, pejalan kaki itu belum tentu dia
nggak bayar pajak. Dia pasti bayar pajak pajak itu kan ada macem-macem ga cuma
STNK doang. Misal ada pajak belanja ke Indomaret, ada pajak makan di restoran,
pajak hiburan, pajak beli barang apapun lah itu macem-macem jadi pajak cuma
STNK doang. Kalau Kita ngomongin lingkupnya provinsi aja.
Duit yang masuk ke provinsi itu
antara lain adalah Pajak Kendaraan bermotor Pajak balik Nama Itu buat provinsi
tuh tadi. STNK yang lebarin tiap tahun itu masuk ke provinsi, pajak air itu
masuk ke provinsi juga. Nah. kalau pajak yang masuk buat kota buat kabupaten
itu antara lain ada pajak hiburan, pajak reklame, Pajak Restoran, Pajak parkir.
Kalo parkir yang bener tapi bukan yang pungli ya itu buat kota tuh pajaknya
sebagian kecil ada pajaknya. Pajak bumi tuh rumah lo tiap tahun itu buat kota
juga bukan buat provinsi. Nah, jadi kalo misalnya orang jalan kaki nih cuman
rumahnya itu besar banget. Misalnya pajak PBB nya tinggi.
Bisa jadi meskipun nggak punya
mobil, bisa jadi dia bayar pajak lebih besar dari pada lo yang punya Alphard.
Bisa jadi aja dan lagi-lagi nih kalau kita ngomongin masalah lingkup yang
terkecilnya. Masalah ngomongin kota pajak STNK itu bukan buat kota itu buat
provinsi. Contoh, lo orang Bekasi, lo punya mobil Mercy, pajaknya itu buat Jawa
Barat, bukan buat kota Bekasi. Sementara yang jalan kaki, kalau dia sering
makan di restoran Bekasi, berarti dia secara langsung lebih banyak menyumbang
buat Bekasi dibanding lu punya alphard Dibanding lu punya Mercy gitu. Kita
ambil contoh simulasi ini ya. Misalnya lu punya mobil BMW, lu bayar pajak STNK
tiap tahun sepuluh juta. Anggaplah lu orang Bekasi. Tapi setiap harinya lu
mainnya di Jakarta. Lu belanja di restoran Jakarta. Lu kalau ke hotel
staycation di Jakarta.
Lu nyari hiburan di mall-mall
Jakarta, Tapi setiap hari lu lewatin Bekasi, gue berangkat ke Jakarta, nah kita
bandingin sama orang kedua. Orang kedua ini ga punya mobil atau naik motor lah.
Katakan motornya Honda Beat, pajaknya cuman dua ratus koma nol satu tahun. Tapi
dia kalau ke mal Mall Bekasi. Dia kalau ke restoran makan di restoran Bekasi, nah
buat kota Bekasi. Orang yang kedua tadi yang punya motor beat doang itu lebih
menguntungkan berkota Bekasi dibandingkan orang yang punya BMW yang tiap hari
ke Jakarta mainnya. Kenapa? Karena pajak langsung buat bekasinya lebih banyak
dari orang yang kedua tadi yang punya motor, orang yang pertama tadi yang
naiknya BMW.
Bekasi malah rugi gara-gara yang
pakai BMW. Dia nyumbang macet doang, dia nyumbang jalan bolong doang. Tapi dia
enggak pernah konsumsi barang di Bekasi. Dia ke Jakarta mulu pokoknya. Jadi
udah bayar pajak STNK nya buat Jawa Barat. Tapi yang kelimpungan yang nyari
duit buat benerin jalan bolong itu Kota Bekasi ke kasihan. Bekasinya gan dapet
duit, pajak. STNK kagak, tapi musti benerin jalan bolong udah gitu. Ini orang
nggak pernah belanja di Bekasi. Jadi kota Bekasi ya ya rugi-rugi bandar ga dape
apa-apaan. Orang pajaknya buat Jakarta semua. Dia konsumsi di Jakarta semua.
Nah kalau kota ke Jakarta itu spesial. Itu kan kota selevel provinsi jadi pajak
STNK nya buat Jakarta.
Hiburannya buat Jakarta, semua
buat Jakarta. Kalau di Bekasi, di Bogor tuh beda lagi beda. Ada yang buat Jawa
Barat, ada juga yang buat kotanya. Contoh, misal, dulu nih gue tuh punya temen
orang Cikarang. Orang Cikarang ini kayak kayak kayaknya kayak kayak berat. Tapi
tiap nyari hiburan, dia paling demen ngedugem di Jakarta. Entah kenapa itu jadi
tiap ngedugem di Jakarta mulu yang untung. Siapa yang untung Jakarta lah kan
yang dapat pajaknya Jakarta. Apa mungkin di Cikarang tempat dugem nggak ada
yang bagus?
Soalnya ya mustinya kalau begitu
ya itu pemkotnya. Cikarang, Mestinya undang lu tempat dugem yang bonafit Suruh
undang buka di Cikarang. Supaya apa supaya orang Cikarang yang selama ini
nyumbang pajaknya buat Jakarta Jadi nyumbangnya buat Cikarang aja biar kota
Cikarang untung lu undang untuk sih tempat dugemnya. "Eh bro lu bikin
tempat dugem di kota. Gua aja nanti sebagai insentifnya ya bisa dinegosiasikan
lah". Makanya sebenernya menurut gue nih ya orang yang jadi walikota kalau
dia ngerti bisnis itu nilai plus dia bisa negosiasi. Kalau dia cuma sekedar
aktivis, otak bisnisnya belum tentu jalan. Undang tempat dugem suruh buka di
Cikarang. Kasih datanya bahwa banyak orang Cikarang yang dugem di Jakarta.
Mending lo bikin di Cikarang entar gua kasih insentif deh pajaknya gu liburin
setahun misalnya begitu.
Atau klausal restoran nih, misal terbukti banyak orang di Bekasi makan restoran Jakarta gara-gara restoran gaul. Nah, untuk restoran Gaul, mendingan lu undang aja suruh buka di Bekasi dengan insentif, misalnya. Oh, tenang nanti akan gua bukakan jalur BRT khusus ke restoran lu supaya nih anak-anak remaja Bekasi gampang ke restoran lu bisa begitu insentifnya. Ini kan masalah negosiasi aja. Makanya lagi-lagi nih kalau kita nyari pemimpin. Kalau dia orang ngerti bisnis jangan antipati, bisa jadi dia emang pintar. Contoh siapa contoh Ahok? Ahok itu S2 nya. S2 manajemen Nah. Ahok itu ka ngomongin birokrasi, otaknya jalan mantep encer.
B | Kasta Paling Rendah di Jalan Ya Pengendara Motor/Mobil
Balik ke soal mobil tadi. Jadi ka
kita udah punya mobil, kita bayar pajak rutin tiap tahunnya. Ga pernah nunggak.
Lo belum pahlawan. Kalo mau jadi
pahlawan tuh begini, lo punya mobil mclaren. Ducati lamborgini Bayar pajak yang
mahal tapi ga pernah Lo pakai tiap hari di garasi doang, dipanasin doang. Nah
itu baru pahlawan tuh udah nyumbang pajak gede-gedean, gila-gilaan nyumbang
pajak buat negara. Pas beli tiap tahun nyumbang buat provinsi tapi enggak pernah
lo pakai, nggak bikin macet, nggak bikin jalan bolong, nggak bikin polusi. Itu
baru pahlawan tuh baru gila. Tuh.
Udah gitu kenapaja progresif
pula. Mobil banyak. Jadi kalau kita di jalan nih bawa mobil, bawa motor. Jangan
merasa lo itu spesial karena gw merasakan banyak mobil dan pemotor itu termasuk
gw juga. Mungkin yang ngerasa pejalan kaki itu kastanya rendah karena dia ga
bayar pajak STNK dia rendah. Kalo mau nyebrang nunggu dulu dong ka mau nyebrang
tunggu mobil gue lewat lu kan kasta rendah lo. Banyak yang mikir begitu.
Padahal di undang-undang jelas yang paling rendah itu ya mobil pribadi
Padestian itu spesial. Pejalan kaki itu levelnya itu tinggi, musti diutamakan
pejalan kaki, pesepeda yang terakhir tuh baru mobil baru, motor. Kadang ada
juga misalnya kasusnya orang nyebrang sembarangan, terus tiba-tiba tipe mobil
ngamuk-ngamuk, klakson-klakson buka kaca.
"Jalan kaki
sembarangan."
Padahal begitu dilihat sekitar
emang ga ada penyeberangan di situ ga ada zebra crossnya, jadi nyebrang ya
musti sembarangan gimana lagi. Nah di undang-undang disebutin kalau emang
disekitarnya ga ada zebra cross, ga ada jembatan juga nyebrang sembarangan
diperbolehkan asal aman tetap mobil musti ngalah meskipun dia sembarangan bukan
di Zebra cross kondisinya bagaimanapun tetap aja penjalan kaki itu lebih mulia
dibandingkan yang naik mobil. Karena pejalan kaki ini merupakan cikal bakal
kota yang enggak macet. Semakin banyak jalan kaki, semakin ga macet tuh kota,
semakin to kota macet, semakin bagus perekonomiannya, semakin banyak yang bawa
mobil, semakin buduk kota udah begitu konsepnya. Rumus udah begitu ga mungkin
salah pasti bener.
Sebenarnya zaman dulu orang
nyebrang emang sembarangan. Cuman begitu ada oligarki otomotif dia bikin
konspirasi dia bikin konsep zebra cross supaya orang nyebrangnya di tempat yang
ditentukan aja. Supaya apa? Supaya mobil jadi nyaman, supaya mobil jadi nggak
terhambat. Padahal dulunya sebelum ada oligarki ke outomotif di Amerika
nyebrang dimana aja kan kalo nyebrang saingannya cuman delman aja.
Zaman dulu kan pakai kuda aja
Mobilnya sedikitlah. Awal-awal tuh dibikin lah sama oligarki otomotif
konspirasi zebra cross jadi nyebrang sembarangan boleh apa enggak boleh jika
memang ga ada fasilitas penyeberangan? Kalau gua mesti nyebrang dengan jalan
dua kilo ya gua ga mau lah ya gua nyebrang sembarangan aja asal secara kondisi
aman ga ada, kereta ga ada apa itu. Di
undang-undang sebutin begitu jadi dari undang-undang. Itu benar by peraturan
itu benar.
Dan lagi pula kalo kita ngomongin
JPO, jpo itu jembatan penyebangan orang itu bikin capek. Kalo gue jadi walikota
itu gue ancurin JPO- JPO nya. Kecuali emang yang jalannya lebar banget ya kalau
yang jalannya cuman empat ruas. Ah itu mah kita ancurin aja. Kita ganti
balikkan crossing biar apa biar ga capek pejalan kaki. Ini kan musti
Dulu jaman Anies bikin pelican
crossing tuh itu kan dicaci maki sangat banyak orang. Nah itu pedes. Padahal
dia bener ya apaan pelican crossing modalnya cuman modal cat ama lampu merah
selesai kalau kita mau banyakin pedestrian banyak pejalan kaki nih. Konsepnya
itu enggak bisa menunggu banyak pejalan kaki, baru kita bikin infrastkturnya ga
bisa. Kita musti siapin dulu infrastrukturnya, baru orang bakalan make. Jadi
kita nggak bisa terpakai pola pikir ngapain dibikin jalur sepeda padahal enggak
ada orang sepedaan ya.
Salah emang bener musti dibikin
dulu jalur sepedanya, baru orang bakalan berbondong-bondong pakaike sepeda
mesti begitu kita ga bisa nunggu orang banyak yang sepedaan di jalan berbahaya.
Terus baru kita bikin jalan sepedanya. Nggak bisa mau nunggu orang mati dulu, ya
nggak bisa begitu. Mau di Belanda, mau di Swedia, kek, mau di Inggris kek. Yang
pertama musti dibikin adalah infrastrukturnya dulu baru penggunanya akan
mengikuti begitu. Jadi kalo mau banyakin pejalan kaki ya mudahin pejalan kaki
mudah in dia nyebrang, mudahin dia naik BRT, mudah in dia naik angkutan umum
yang terintegrasi, baru tuh berbondong-bondong baru orang ninggalin mobil,
ninggalin motor. Kalau bikin BRT misalnya bikin jalur khususnya jangan digabung
sama mobil ya gue tau efeknya bakal buruk buat mobil. Bakal bikin.
Macet mobil kan karena jalannya bakal mengecil, tapi gapapa biarin itu mobil sama motor macet tapi BRTnya bakal lancar, orang bakal ambil naik BRT lah. Contoh di Jakarta, di Mampang jalur Ragunan kekuningan ya yang naik mobil banyak tapi nama macetnya gila-gilaan. Kalo gue pribadi, kalo gu musti keragunan dari Kuningan tuh ya gua akan naik BRT ga ada pilihan lain karena emang jalurnya khusus, enak, ngebut banget kalo naik mobil sendiri, macetnya luar biasa. Di Mampang itu lampu merahnya panjang banget, lama banget.
C | Public Transport Bisa Membantu Menaikan Ekonomi Daerah?
"Bang? Tapi apakah orang
kaya mau traportasi umum".
Orang kaya kan egonya tinggi.
Kebanyakan orang itu enggak mau naik publik transport karena belum pernah nyoba
aja. Kalau mereka nyoba terus mereka lihat sebenarnya nggak ada apa-apa, enggak
jorok, enggak menjijikan. Mereka mau kok karena selama ini dipikirannya jelek
gitu. public transporty pasti bau boketek bo jigong. Makanya mereka ga mau
mendingan naik Honda Brio kan gitu. Tapi kalau mereka cobain naik TJ sekarang
di Jakarta, gue yakin bagus kok. Emang ga jelek biar ti bagus. MRT bagus
banget. LRT lumayan. Kalau KRL bener tuh bojigong sedikit. Tapi kalau orang
kaya itu POV nya jangan sekedar murah gitu loh. Karena kalau cuma sekedar
tarifnya murah, bikin hemat orang kaya ga peduli sama hemat-hematan mau gocap
pun dibayar. Gocap pas asal nyaman kan begitu POV nya harus dibikin lebih ke
benefit kesehatan karena sehat nih, mahal. Semakin lu kaya, semakin per
kesehatan semakin nggak punya apa-apa. Semakin nggak takut mati. Begitu
konsepnya deh kalau dia orang kaya, kalau dia mati, cepet yang ditinggalin
hatinya banyak dia pasti ketakutan.
Makanya povnya harus digeser ke
benefit kesehatan, kalau nempel di transport lu pasti banyak bergerak. Langkah
kaki minimal pasti goceng sehari nggak mungkin tiga ribu ga mungkin dua ribu ya
betul meskipun sudah digeser ke benefit kesehatan ya nggak akan semua orang
juga mau naik public transport si orang kaya pasti ada juga yang saklek
pengennya bawa supir ada juga pasti ya nggak apa-pa. Minimal ada sebagian yang
mau beralih. Kalau ada yang beralih sebagian ya macetnya bakal berkurang
"bang Tapi kan kalau mobilnya nggak banyak nih, mobil dikurangin, motor
dikurangin, nanti bengkel gimana bang? Bengkel bakal gulung tiker. Toko modiv
velg? Gimana tuh. Nanti ekonomi turun loh ya”.
Ya Ga gitu juga. Pedestrian pun
mereka butuh produk juga. Pedestrian pun Mereka kalau jalan kaki itu pasti
belanja juga nih menurut fakta nih. Mau studi, mau fakta, mau jurnal mau apa?
Kalau orang jalan kaki dia sering transit tuh dia akan cenderung lebih mungkin
belanja di Umkm pasti contoh di Sudirman. Contoh di Lebak Bulus, poin Square
tuh sekarang maunya hidup lagi. Gara-gara ada orang transit orang yang dari
bunderan HI kerja tuh dia di Sudirman.
Dia mau pulang ke Pamulang begitu nyampe di Lebak Bulus MRT dia makan dulu di
Point Square. Sekarang poin square hidup lagi maunya. Nah itu kan meningkatkan
perekonomian juga. Begitupun yang di Sudirman, di Sudirman mau ke bekasi nih
transit di duku atas, dia belanja ke Toprak dulu beli bubur dulu itu malah
lebih ningkatin perekonomian dibandingin sekedar modif mobil, modif motor.
Blok M Plaza, Blok M sekarang
rame lagi tuh perekonomian tuh. Lagi juga meskipun di jalan kaki dia tetap bisa
punya mobil, kalau weekend tetap bisa pake mobil kan tetap bisa custom-custom
velg kan. Jadi kalo banyak pejalan kaki justru perekonomi bakal makin bagus
pasti. “Nah, tapi buat negara gimana Bang.? Kalau dia custom velg kan itu ada
pajak buat negaranya. Tuh. Karena velg-nya misalnya impor segala macem. Kalau
beli di UMKM, beli candol itu ga ada pajaknya. Negara rugi dong”.
Nah mnya ini PKL itu harus segera
diresmikan usahanya suruh bikin NIB musti dipajakin. Minimal suruh bikin NIB
dulu lah. Udah jangan mental playingviktim mulu. Kalau lu musti bayar pajak itu
bukan dizolimi. Jangan mikirnya tuh saya orang kecil, saya orang kecil. Jangan
begitu melulu. Kalo sebuah kota udah ngebagusin public transportnya, artinya
banyak orang jalan kaki itu UMKM pasti banyak yang laku, pasti bakal meningkat
penjualannya. Itu kan penjualnya meningkat harusnya berterimaka kasih kepada
Pemkotnya karena sudah membuat kota yang bagus public transportnya udah
meningkatkan populasi pedestrian. Nah, karena udah dikasih fasilitas sama
negara, sama pemkot yaitu UMKM, musti timbal balik dong, musti bayar pajak
dong. Jangan mental playfictim mulu bikin NIB Minimal kalau dilihat udah
melebihi penghasilannya ya pajakin suruh bayar jangan
Mental-mental miskin melulu dengan gitu. Negara untung perekonomiannya bagus, Negara juga dapat bagian, pemkot dapat bagian kan? Mantep. Ini kan bukan mart wes, bukan jaman Koboy. Ia lu masih bayar pajak lah. Zaman Koboy aja itu ada pajaknya pajak, bayar ke gengnya. Masa mau dagang cendol? Mau dagang bubur? Nggak mau dipajakin. Yang mesti dipajakin!. gua adalah orang yang sangat setuju itu semua UMKM harus dibikin. NIBnya, minimal harus bayar pajak jangan selalu bermental melarat gitu loh. Padahal kaya padahal untung. Padahal banyak pelanggan mental yang miskin ya miskin.
D | Memperbanyak Public Transport, Menaikan Kualitas Hidup?
Kita nih ya kalau mau ekonomi
naik kalo mau kesehatan membaik ka mau mental healh membaik juga cuma satu
solusinya. Public transport udah mencakup semuanya tuh ekonomi kesehatan mental healt mental healttan
kita persulit geraknya. Mobil pribadi lu bikin ERP kek lo bikin ganjil gennap
kek minimal deh tapi bagusnya mah IRP road.
Pricing mahalin tuh parkiran biar
orang nggak mau parkir biar nggak bawa mobil. Terus yang parkiran pinggi jalan
pungli-pungli disuhup gembesin semua bannya biar pelanggannya juga kapok markir
di pinggir jalan. Gila kan ekonomi kesehatan ini kalo mau membaik nih berdua
nih soal duit sama soal sehat public transport kalau dipikir sekias tuh kayak
ga nyambung ya ngurusin bis tapi bisa ngaruh ke perekonomian kan ka agak gak
nyambung tapi.
Nyambung lu benerin bis di
ekonomi bakal membaik, kesehatan pun kalian BPJS pun akan berkurang. Pasti dulu
kan jam Ahok udah mau jalan, tapi kan banyak ngamuk akhirnya Ahok ga jadi
bikin. Padahal kalo ada IRP di Sudirman tuh bakalan mantep sekarang musti
dibikin nih. Udah MRT kan udah nggak ada alasan sebenarnya untuk menolak IRP di
Sudirman. Harusnya dibikin nih semoga Pilgub nih yang jadi gubernur di Jakarta
minimal paham deh. Kalau yang bego mah susah
deh ya pokoknya begitulah dari Paris. Amsterdam. Barcelona sampai ke
Sudirman si Singapura. Paiciing kuangcoo semua sama. Jika lo mau naikin
perekonomian, lo kurangin itu mobil jika Lo mau naikin perekonomian lo kurangin
itu mobil lo kurangin itu motor pasti sahih pelan-pelan gapaapa. Contoh di
Paris tadinya chaos, tapi dibener nama walikotanya perempuan, namanya Ennne
Hidalgo. Kalau nggak salah dibenerin jadi rapi. Sekarang enggak keos mantap.
Yang tadinya warganya ngamuk gara-gara jalan di kecil-kecilin, sekarang jadi
bersyukur bisa sesem raut apapun ka ada potical willnya pasti bisa. Di Amsterdam
begitu, di Paris begitu semua bisa.