Fenomena Pajak Kendaraan

 


A | Arogansi Para Pengendara Karena Merasa Telah Membayar Pajak

Pengendara motor dan mobil mereka itu mikir bahwa mereka adalah pahlawan karena sudah membayar pajak setiap tahunnya. Pajak STNK itu kan dibayar tiap tahun. Nah, mereka termasuk gue juga sebagai orang yang punya kendararanan bermotor juga nih, mikir bahwa "kita adalah pahlawan karena sudah bayar pajak setiap tahunnya secara rutin. Sementara pejalan kaki oh itu ga bayar pajak mereka itu ga menyumbang buat negara. Harusnya di jalan yang diutamakan itu adalah pengendara motor, pengendara mobil. Kalo pejalan kaki mah, entah entaran aja orang mereka ga nyumbang apa-apa". Nah, begitu pikirannya kira-kira bener ga tuh?.

"Udah syukur gw bayar pajak STNK itu duit bayar Alphard gua dipakai buat ngebenerin BrT Supaya itu pejalan kaki bisa naik bis meskinya pejalan kaki cium tangan sama gua." iya bener. Saat lu beli alphard lo akan bayar kurang lebih setiap tahunnya Sepuluh juta pajak untuk provinsi, pajak stnk,  ya betul saat lo beli PCX lo akan bayar pajak kurang lebih gope tiap tahunnya. Betul sudah menyumbang buat negara tapi lu tahu enggak? Lu juga ngerugi negara, lu bikin polusi.

Kadang-kadang yang engga tau diri make BBM subsidi lo bikin macet. Nah buat ngurusin polusi macet, jalan bolong sama tadi BBM subsidi yang lu pake itu pake duit juga itu kenapa lo musti bayar pajak setiap tahunnya dan itupun yang udah lo bayarin itu ga cukup buat cover semuanya. Oke lo beli mobil mahal bayar pajak sepuluh juta dua belas juta tapi jalan bolong gara-gara mobil lo tapi polusi jadi banyak. Gara-gara mobil lo macet gara-gara mobil lo buat kecover itu semua enggak cukup. Sepuluh juta digabungin pun semua pajak STNK di provinsi tersebut masih nggak cukup nombok juga. Polusi itu kalau nggak dibenerin bikin banyak orang kena penyakit paru-paru, penyakit paru-paru. Kalau dia pakai BPJS yang rugi negara jadi sebenernya

Lu sekalipun udah bayar pajak STNK tiap tahunnya lu tetep ngerugiin negara.  Sementara pejalan kaki dia nggak ngerugi negara. Dia malah nguntungin meskipun dia enggak ada banyak STNK- nya. Kalau macet rata-rata kan mindset pejabat kita bikin flyover biar nggak macet. Pikirnya itu bikin flyover pakai duit. Semakin banyak orang beli mobil, semakin itu daerah jadi kesulitan. Dan lagi pula nih, pejalan kaki itu belum tentu dia nggak bayar pajak. Dia pasti bayar pajak pajak itu kan ada macem-macem ga cuma STNK doang. Misal ada pajak belanja ke Indomaret, ada pajak makan di restoran, pajak hiburan, pajak beli barang apapun lah itu macem-macem jadi pajak cuma STNK doang. Kalau Kita ngomongin lingkupnya provinsi aja.

Duit yang masuk ke provinsi itu antara lain adalah Pajak Kendaraan bermotor Pajak balik Nama Itu buat provinsi tuh tadi. STNK yang lebarin tiap tahun itu masuk ke provinsi, pajak air itu masuk ke provinsi juga. Nah. kalau pajak yang masuk buat kota buat kabupaten itu antara lain ada pajak hiburan, pajak reklame, Pajak Restoran, Pajak parkir. Kalo parkir yang bener tapi bukan yang pungli ya itu buat kota tuh pajaknya sebagian kecil ada pajaknya. Pajak bumi tuh rumah lo tiap tahun itu buat kota juga bukan buat provinsi. Nah, jadi kalo misalnya orang jalan kaki nih cuman rumahnya itu besar banget. Misalnya pajak PBB nya tinggi.

Bisa jadi meskipun nggak punya mobil, bisa jadi dia bayar pajak lebih besar dari pada lo yang punya Alphard. Bisa jadi aja dan lagi-lagi nih kalau kita ngomongin masalah lingkup yang terkecilnya. Masalah ngomongin kota pajak STNK itu bukan buat kota itu buat provinsi. Contoh, lo orang Bekasi, lo punya mobil Mercy, pajaknya itu buat Jawa Barat, bukan buat kota Bekasi. Sementara yang jalan kaki, kalau dia sering makan di restoran Bekasi, berarti dia secara langsung lebih banyak menyumbang buat Bekasi dibanding lu punya alphard Dibanding lu punya Mercy gitu. Kita ambil contoh simulasi ini ya. Misalnya lu punya mobil BMW, lu bayar pajak STNK tiap tahun sepuluh juta. Anggaplah lu orang Bekasi. Tapi setiap harinya lu mainnya di Jakarta. Lu belanja di restoran Jakarta. Lu kalau ke hotel staycation di Jakarta.

Lu nyari hiburan di mall-mall Jakarta, Tapi setiap hari lu lewatin Bekasi, gue berangkat ke Jakarta, nah kita bandingin sama orang kedua. Orang kedua ini ga punya mobil atau naik motor lah. Katakan motornya Honda Beat, pajaknya cuman dua ratus koma nol satu tahun. Tapi dia kalau ke mal Mall Bekasi. Dia kalau ke restoran makan di restoran Bekasi, nah buat kota Bekasi. Orang yang kedua tadi yang punya motor beat doang itu lebih menguntungkan berkota Bekasi dibandingkan orang yang punya BMW yang tiap hari ke Jakarta mainnya. Kenapa? Karena pajak langsung buat bekasinya lebih banyak dari orang yang kedua tadi yang punya motor, orang yang pertama tadi yang naiknya BMW.

Bekasi malah rugi gara-gara yang pakai BMW. Dia nyumbang macet doang, dia nyumbang jalan bolong doang. Tapi dia enggak pernah konsumsi barang di Bekasi. Dia ke Jakarta mulu pokoknya. Jadi udah bayar pajak STNK nya buat Jawa Barat. Tapi yang kelimpungan yang nyari duit buat benerin jalan bolong itu Kota Bekasi ke kasihan. Bekasinya gan dapet duit, pajak. STNK kagak, tapi musti benerin jalan bolong udah gitu. Ini orang nggak pernah belanja di Bekasi. Jadi kota Bekasi ya ya rugi-rugi bandar ga dape apa-apaan. Orang pajaknya buat Jakarta semua. Dia konsumsi di Jakarta semua. Nah kalau kota ke Jakarta itu spesial. Itu kan kota selevel provinsi jadi pajak STNK nya buat Jakarta.

Hiburannya buat Jakarta, semua buat Jakarta. Kalau di Bekasi, di Bogor tuh beda lagi beda. Ada yang buat Jawa Barat, ada juga yang buat kotanya. Contoh, misal, dulu nih gue tuh punya temen orang Cikarang. Orang Cikarang ini kayak kayak kayaknya kayak kayak berat. Tapi tiap nyari hiburan, dia paling demen ngedugem di Jakarta. Entah kenapa itu jadi tiap ngedugem di Jakarta mulu yang untung. Siapa yang untung Jakarta lah kan yang dapat pajaknya Jakarta. Apa mungkin di Cikarang tempat dugem nggak ada yang bagus?

Soalnya ya mustinya kalau begitu ya itu pemkotnya. Cikarang, Mestinya undang lu tempat dugem yang bonafit Suruh undang buka di Cikarang. Supaya apa supaya orang Cikarang yang selama ini nyumbang pajaknya buat Jakarta Jadi nyumbangnya buat Cikarang aja biar kota Cikarang untung lu undang untuk sih tempat dugemnya. "Eh bro lu bikin tempat dugem di kota. Gua aja nanti sebagai insentifnya ya bisa dinegosiasikan lah". Makanya sebenernya menurut gue nih ya orang yang jadi walikota kalau dia ngerti bisnis itu nilai plus dia bisa negosiasi. Kalau dia cuma sekedar aktivis, otak bisnisnya belum tentu jalan. Undang tempat dugem suruh buka di Cikarang. Kasih datanya bahwa banyak orang Cikarang yang dugem di Jakarta. Mending lo bikin di Cikarang entar gua kasih insentif deh pajaknya gu liburin setahun misalnya begitu.

Atau klausal restoran nih, misal terbukti banyak orang di Bekasi makan restoran Jakarta gara-gara restoran gaul. Nah, untuk restoran Gaul, mendingan lu undang aja suruh buka di Bekasi dengan insentif, misalnya. Oh, tenang nanti akan gua bukakan jalur BRT khusus ke restoran lu supaya nih anak-anak remaja Bekasi gampang ke restoran lu bisa begitu insentifnya. Ini kan masalah negosiasi aja. Makanya lagi-lagi nih kalau kita nyari pemimpin. Kalau dia orang ngerti bisnis jangan antipati, bisa jadi dia emang pintar. Contoh siapa contoh Ahok? Ahok itu S2 nya. S2 manajemen Nah. Ahok itu ka ngomongin birokrasi, otaknya jalan mantep encer.

B | Kasta Paling Rendah di Jalan Ya Pengendara Motor/Mobil

Balik ke soal mobil tadi. Jadi ka kita udah punya mobil, kita bayar pajak rutin tiap tahunnya. Ga pernah nunggak.

Lo belum pahlawan. Kalo mau jadi pahlawan tuh begini, lo punya mobil mclaren. Ducati lamborgini Bayar pajak yang mahal tapi ga pernah Lo pakai tiap hari di garasi doang, dipanasin doang. Nah itu baru pahlawan tuh udah nyumbang pajak gede-gedean, gila-gilaan nyumbang pajak buat negara. Pas beli tiap tahun nyumbang buat provinsi tapi enggak pernah lo pakai, nggak bikin macet, nggak bikin jalan bolong, nggak bikin polusi. Itu baru pahlawan tuh baru gila. Tuh.

Udah gitu kenapaja progresif pula. Mobil banyak. Jadi kalau kita di jalan nih bawa mobil, bawa motor. Jangan merasa lo itu spesial karena gw merasakan banyak mobil dan pemotor itu termasuk gw juga. Mungkin yang ngerasa pejalan kaki itu kastanya rendah karena dia ga bayar pajak STNK dia rendah. Kalo mau nyebrang nunggu dulu dong ka mau nyebrang tunggu mobil gue lewat lu kan kasta rendah lo. Banyak yang mikir begitu. Padahal di undang-undang jelas yang paling rendah itu ya mobil pribadi Padestian itu spesial. Pejalan kaki itu levelnya itu tinggi, musti diutamakan pejalan kaki, pesepeda yang terakhir tuh baru mobil baru, motor. Kadang ada juga misalnya kasusnya orang nyebrang sembarangan, terus tiba-tiba tipe mobil ngamuk-ngamuk, klakson-klakson buka kaca.

"Jalan kaki sembarangan."

Padahal begitu dilihat sekitar emang ga ada penyeberangan di situ ga ada zebra crossnya, jadi nyebrang ya musti sembarangan gimana lagi. Nah di undang-undang disebutin kalau emang disekitarnya ga ada zebra cross, ga ada jembatan juga nyebrang sembarangan diperbolehkan asal aman tetap mobil musti ngalah meskipun dia sembarangan bukan di Zebra cross kondisinya bagaimanapun tetap aja penjalan kaki itu lebih mulia dibandingkan yang naik mobil. Karena pejalan kaki ini merupakan cikal bakal kota yang enggak macet. Semakin banyak jalan kaki, semakin ga macet tuh kota, semakin to kota macet, semakin bagus perekonomiannya, semakin banyak yang bawa mobil, semakin buduk kota udah begitu konsepnya. Rumus udah begitu ga mungkin salah pasti bener.

Sebenarnya zaman dulu orang nyebrang emang sembarangan. Cuman begitu ada oligarki otomotif dia bikin konspirasi dia bikin konsep zebra cross supaya orang nyebrangnya di tempat yang ditentukan aja. Supaya apa? Supaya mobil jadi nyaman, supaya mobil jadi nggak terhambat. Padahal dulunya sebelum ada oligarki ke outomotif di Amerika nyebrang dimana aja kan kalo nyebrang saingannya cuman delman aja.

Zaman dulu kan pakai kuda aja Mobilnya sedikitlah. Awal-awal tuh dibikin lah sama oligarki otomotif konspirasi zebra cross jadi nyebrang sembarangan boleh apa enggak boleh jika memang ga ada fasilitas penyeberangan? Kalau gua mesti nyebrang dengan jalan dua kilo ya gua ga mau lah ya gua nyebrang sembarangan aja asal secara kondisi aman ga ada, kereta ga ada apa itu.  Di undang-undang sebutin begitu jadi dari undang-undang. Itu benar by peraturan itu benar.

Dan lagi pula kalo kita ngomongin JPO, jpo itu jembatan penyebangan orang itu bikin capek. Kalo gue jadi walikota itu gue ancurin JPO- JPO nya. Kecuali emang yang jalannya lebar banget ya kalau yang jalannya cuman empat ruas. Ah itu mah kita ancurin aja. Kita ganti balikkan crossing biar apa biar ga capek pejalan kaki. Ini kan musti

Dulu jaman Anies bikin pelican crossing tuh itu kan dicaci maki sangat banyak orang. Nah itu pedes. Padahal dia bener ya apaan pelican crossing modalnya cuman modal cat ama lampu merah selesai kalau kita mau banyakin pedestrian banyak pejalan kaki nih. Konsepnya itu enggak bisa menunggu banyak pejalan kaki, baru kita bikin infrastkturnya ga bisa. Kita musti siapin dulu infrastrukturnya, baru orang bakalan make. Jadi kita nggak bisa terpakai pola pikir ngapain dibikin jalur sepeda padahal enggak ada orang sepedaan ya.

Salah emang bener musti dibikin dulu jalur sepedanya, baru orang bakalan berbondong-bondong pakaike sepeda mesti begitu kita ga bisa nunggu orang banyak yang sepedaan di jalan berbahaya. Terus baru kita bikin jalan sepedanya. Nggak bisa mau nunggu orang mati dulu, ya nggak bisa begitu. Mau di Belanda, mau di Swedia, kek, mau di Inggris kek. Yang pertama musti dibikin adalah infrastrukturnya dulu baru penggunanya akan mengikuti begitu. Jadi kalo mau banyakin pejalan kaki ya mudahin pejalan kaki mudah in dia nyebrang, mudahin dia naik BRT, mudah in dia naik angkutan umum yang terintegrasi, baru tuh berbondong-bondong baru orang ninggalin mobil, ninggalin motor. Kalau bikin BRT misalnya bikin jalur khususnya jangan digabung sama mobil ya gue tau efeknya bakal buruk buat mobil. Bakal bikin.

Macet mobil kan karena jalannya bakal mengecil, tapi gapapa biarin itu mobil sama motor macet tapi BRTnya bakal lancar, orang bakal ambil naik BRT lah. Contoh di Jakarta, di Mampang jalur Ragunan kekuningan ya yang naik mobil banyak tapi nama macetnya gila-gilaan. Kalo gue pribadi, kalo gu musti keragunan dari Kuningan tuh ya gua akan naik BRT ga ada pilihan lain karena emang jalurnya khusus, enak, ngebut banget kalo naik mobil sendiri, macetnya luar biasa. Di Mampang itu lampu merahnya panjang banget, lama banget.

C | Public Transport Bisa Membantu Menaikan Ekonomi Daerah?

"Bang? Tapi apakah orang kaya mau traportasi umum".

Orang kaya kan egonya tinggi. Kebanyakan orang itu enggak mau naik publik transport karena belum pernah nyoba aja. Kalau mereka nyoba terus mereka lihat sebenarnya nggak ada apa-apa, enggak jorok, enggak menjijikan. Mereka mau kok karena selama ini dipikirannya jelek gitu. public transporty pasti bau boketek bo jigong. Makanya mereka ga mau mendingan naik Honda Brio kan gitu. Tapi kalau mereka cobain naik TJ sekarang di Jakarta, gue yakin bagus kok. Emang ga jelek biar ti bagus. MRT bagus banget. LRT lumayan. Kalau KRL bener tuh bojigong sedikit. Tapi kalau orang kaya itu POV nya jangan sekedar murah gitu loh. Karena kalau cuma sekedar tarifnya murah, bikin hemat orang kaya ga peduli sama hemat-hematan mau gocap pun dibayar. Gocap pas asal nyaman kan begitu POV nya harus dibikin lebih ke benefit kesehatan karena sehat nih, mahal. Semakin lu kaya, semakin per kesehatan semakin nggak punya apa-apa. Semakin nggak takut mati. Begitu konsepnya deh kalau dia orang kaya, kalau dia mati, cepet yang ditinggalin hatinya banyak dia pasti ketakutan.

Makanya povnya harus digeser ke benefit kesehatan, kalau nempel di transport lu pasti banyak bergerak. Langkah kaki minimal pasti goceng sehari nggak mungkin tiga ribu ga mungkin dua ribu ya betul meskipun sudah digeser ke benefit kesehatan ya nggak akan semua orang juga mau naik public transport si orang kaya pasti ada juga yang saklek pengennya bawa supir ada juga pasti ya nggak apa-pa. Minimal ada sebagian yang mau beralih. Kalau ada yang beralih sebagian ya macetnya bakal berkurang "bang Tapi kan kalau mobilnya nggak banyak nih, mobil dikurangin, motor dikurangin, nanti bengkel gimana bang? Bengkel bakal gulung tiker. Toko modiv velg? Gimana tuh. Nanti ekonomi turun loh ya”.

Ya Ga gitu juga. Pedestrian pun mereka butuh produk juga. Pedestrian pun Mereka kalau jalan kaki itu pasti belanja juga nih menurut fakta nih. Mau studi, mau fakta, mau jurnal mau apa? Kalau orang jalan kaki dia sering transit tuh dia akan cenderung lebih mungkin belanja di Umkm pasti contoh di Sudirman. Contoh di Lebak Bulus, poin Square tuh sekarang maunya hidup lagi. Gara-gara ada orang transit orang yang dari bunderan  HI kerja tuh dia di Sudirman. Dia mau pulang ke Pamulang begitu nyampe di Lebak Bulus MRT dia makan dulu di Point Square. Sekarang poin square hidup lagi maunya. Nah itu kan meningkatkan perekonomian juga. Begitupun yang di Sudirman, di Sudirman mau ke bekasi nih transit di duku atas, dia belanja ke Toprak dulu beli bubur dulu itu malah lebih ningkatin perekonomian dibandingin sekedar modif mobil, modif motor.

Blok M Plaza, Blok M sekarang rame lagi tuh perekonomian tuh. Lagi juga meskipun di jalan kaki dia tetap bisa punya mobil, kalau weekend tetap bisa pake mobil kan tetap bisa custom-custom velg kan. Jadi kalo banyak pejalan kaki justru perekonomi bakal makin bagus pasti. “Nah, tapi buat negara gimana Bang.? Kalau dia custom velg kan itu ada pajak buat negaranya. Tuh. Karena velg-nya misalnya impor segala macem. Kalau beli di UMKM, beli candol itu ga ada pajaknya. Negara rugi dong”.

Nah mnya ini PKL itu harus segera diresmikan usahanya suruh bikin NIB musti dipajakin. Minimal suruh bikin NIB dulu lah. Udah jangan mental playingviktim mulu. Kalau lu musti bayar pajak itu bukan dizolimi. Jangan mikirnya tuh saya orang kecil, saya orang kecil. Jangan begitu melulu. Kalo sebuah kota udah ngebagusin public transportnya, artinya banyak orang jalan kaki itu UMKM pasti banyak yang laku, pasti bakal meningkat penjualannya. Itu kan penjualnya meningkat harusnya berterimaka kasih kepada Pemkotnya karena sudah membuat kota yang bagus public transportnya udah meningkatkan populasi pedestrian. Nah, karena udah dikasih fasilitas sama negara, sama pemkot yaitu UMKM, musti timbal balik dong, musti bayar pajak dong. Jangan mental playfictim mulu bikin NIB Minimal kalau dilihat udah melebihi penghasilannya ya pajakin suruh bayar jangan

Mental-mental miskin melulu dengan gitu. Negara untung perekonomiannya bagus, Negara juga dapat bagian, pemkot dapat bagian kan? Mantep. Ini kan bukan mart wes, bukan jaman Koboy. Ia lu masih bayar pajak lah. Zaman Koboy aja itu ada pajaknya pajak, bayar ke gengnya. Masa mau dagang cendol? Mau dagang bubur? Nggak mau dipajakin. Yang mesti dipajakin!. gua adalah orang yang sangat setuju itu semua UMKM harus dibikin. NIBnya, minimal harus bayar pajak jangan selalu bermental melarat gitu loh. Padahal kaya padahal untung. Padahal banyak pelanggan mental yang miskin ya miskin.

D | Memperbanyak Public Transport, Menaikan Kualitas Hidup?

Kita nih ya kalau mau ekonomi naik kalo mau kesehatan membaik ka mau mental healh membaik juga cuma satu solusinya. Public transport udah mencakup semuanya tuh  ekonomi kesehatan mental healt mental healttan kita persulit geraknya. Mobil pribadi lu bikin ERP kek lo bikin ganjil gennap kek minimal deh tapi bagusnya mah IRP road.

Pricing mahalin tuh parkiran biar orang nggak mau parkir biar nggak bawa mobil. Terus yang parkiran pinggi jalan pungli-pungli disuhup gembesin semua bannya biar pelanggannya juga kapok markir di pinggir jalan. Gila kan ekonomi kesehatan ini kalo mau membaik nih berdua nih soal duit sama soal sehat public transport kalau dipikir sekias tuh kayak ga nyambung ya ngurusin bis tapi bisa ngaruh ke perekonomian kan ka agak gak nyambung tapi.

Nyambung lu benerin bis di ekonomi bakal membaik, kesehatan pun kalian BPJS pun akan berkurang. Pasti dulu kan jam Ahok udah mau jalan, tapi kan banyak ngamuk akhirnya Ahok ga jadi bikin. Padahal kalo ada IRP di Sudirman tuh bakalan mantep sekarang musti dibikin nih. Udah MRT kan udah nggak ada alasan sebenarnya untuk menolak IRP di Sudirman. Harusnya dibikin nih semoga Pilgub nih yang jadi gubernur di Jakarta minimal paham deh. Kalau yang bego mah susah  deh ya pokoknya begitulah dari Paris. Amsterdam. Barcelona sampai ke Sudirman si Singapura. Paiciing kuangcoo semua sama. Jika lo mau naikin perekonomian, lo kurangin itu mobil jika Lo mau naikin perekonomian lo kurangin itu mobil lo kurangin itu motor pasti sahih pelan-pelan gapaapa. Contoh di Paris tadinya chaos, tapi dibener nama walikotanya perempuan, namanya Ennne Hidalgo. Kalau nggak salah dibenerin jadi rapi. Sekarang enggak keos mantap. Yang tadinya warganya ngamuk gara-gara jalan di kecil-kecilin, sekarang jadi bersyukur bisa sesem raut apapun ka ada potical willnya pasti bisa. Di Amsterdam begitu, di Paris begitu semua bisa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama