Mobil Adalah Pilihan Buruk

 


Kapasitas transjakarta itu 40 orang duduk. Kalau dipaksain ada yang berdiri itu bisa 60 orang. Kalau MRT kapasitas duduknya itu bisa lima ratus sampai enam ratus orang. Kalau MRT ini kalau dibikin full sarden kayak KRL bekas, jam pulang kerja itu bisalah muat 1500 an orang lebih. Bahkan sementara mobil-mobil pribadi itu maksimal 5 orang. Rata-rata nih yang yang siternya cuman dua siter. Tapi sebenarnya pada kenyataan yang kalau kita lihat jam pulang kerja pun yang macet gila-gilaan itu di Jakarta mobil itu diisi satu mobil orang kebanyakan begitu.


Maka dari itu dulu pernah dibikin kebijakan Three in one di Jakarta. Supaya apa? Supaya orang yang tadinya berangkat kantor satu komplek nih seorang semobil diharapkan berubah menjadi yang sekompleks nih berangkatnya tiga orang barengan satu mobil. Tapi kan gagal karena tetep aja orang tetap berangkat satu orang satu mobil cuma dia pake joki biar ga kena tilang. Kebijakan three in one di Jakarta super duper gagal total.

BAB I | Kendaraan Pribadi VS Transportasi Umum

Dan sebenarnya kalau pengen ngilangin macet itu solusinya ga bisa bikin kebijakan Three in One bisa bikin ngejel genap, solusinya cuma satu public transport. Karena tadi penggambarannya tadi tuh satu TJ itu bisa muat 40 orang dengan nyaman bahkan 60 orang kalau dibikin desek-desekan satu mobil cuma satu orang, rata-rata begitu ya mentok-mentok dua deh pada HTJ itu. Gedenya itu cuma segede dua mobil, bahkan ga nyampe dua mobil ya satu setengah mobil lah jadi capacitynya. Daya tampungnya sebegitu jauhnya dengan besar yang hanya satu kali lipat dia bisa nampung 60 orang.

Dibanding mobil yang cuma nampung satu orang. Rata-rata kalau mau dianggap mobilnya isi dua orang, berarti kan satu Brt daya tampungnya dengan nyaman setara dengan 20 mobil. Gelo kan? Sejauh itu, lagi-lagi indikator negara maju itu bukan saat dimana orang-orang yang ga punya duit bisa beli mobil, bukan kehadiran LCGC, Itu bukan pertanda kita negara maju bukan pertanda kita sekarang jadi bangsa kaya bukan.

Negara kaya itu indikatornya saat orang kaya kemana-mana nggak bawa mobil, bukan pakai supir tapi naik angkutan umum. Supirnya bukan supir pribadi tapi sopir TJ, supir MRT pakai masinis. Nah itu baru indikator negara maju kayak di Jepang, di Jepang, di China itu pablic transportnya udah ke jaring laba-laba. Di Tokyo tuh ya lu mau kemanapun nyasar pun ga apa-apa karena ujung-ujung bakal ke situ juga segitu kayak jaring laba-labanya. Di China pun begitu, dulu di Cina tahun 2008 Itu dikatakan polusinya pas Olimpiade itu luar biasa karena semua orang kan bawa mobil, di Cina tuh 2008 Cina belum maju kayak sekarang

Nah, sekarang kalo kita ke Cina polusinya udah ga ka gitu udah berubah polusinya. Kenapa ya? Karena public transport yang makin hari ke hari makin bagus mau polusi, mau macet solusi cuma satu kalau transport bukan nambahin flayover kayak di Amerika. Di Amerika kalau macet solusinya apa yang nambahin flayover ga ada gunanya ngga bakal berguna tetep bakal macet juga nambah flyover itu merupakan sebuah ide buruk. Kenapa? Karena flyover itu ujung-ujungnya bakal turun ke jalanan di bawah juga jadi pasti bakal batal naik.

Anggep nih ya ada jalan diantasari ada flyovernya kan meskipun atas bawah kalau dijumlahin ada empat ruas, di bawah dua ruas, di atas dua ruas. Tapi ujung-ujungnya begitu turun kan bakal jadi dua ruas lagi. Nah itu bakal battlenack itu kenapa flyover itu bukan solusi, kecuali flyovernya dibikin turunnya di depan rumah lu nah entu baru bakal jadi solusi dan lagi juga Flyover tuh daya tampung ga besar.

Contoh kita ambil pengandaian nih di flyover antashari itu panjangnya 5 km, satu arah, dua ruas, 5 Km itu 5000 meter, 5000 meter itu setara dengan ya anggaplah kurang lebih kalau dijejerin ya 1000 mobil. Anggaplah satu mobil panjang 5 meter, 5 km berarti kan 1000 mobil. Kalau dua ruas berartikan dua ribu mobil, dua ribu mobil itu hanya bisa menampung rata-rata satu mobil, dua orang.

Kenyataannya begitu, bahkan lebih kurang lagi banyak yang se mobil seorang tadi kan gua bilang jadi lima kilometer panjang Fleverr Antasari atau Fleyover Kasablanca itu kalau kondisi macet lagi ngelock, lagi ngunci cuma bisa nampung 2000 mobil alias 4000 orang.

Sementara kalau seandainya itu flyover antasari kita dulunya bikin LRT. RT itu 120 meter 6 gerbong satu gerbong 20 meter 120 meter, LRT itu bisa nampung seribuan orang seribu seratus, seribu dua ratus.

Kalau MRT 120 meter lebih banyak lagi kalo MRT itu kan lebih lebih besar ya kalo MRT malah bisa nampung 1900 orang hanya dengan panjang seratus meteran doang. Jadi nggak bisa dibandingin tuh, nggak bisa apple to apple, ngomongin flyover sama ngomongin pabrik transport. Meskipun bikin freyover lebih murah, tapi jumlahnya itu kecil banget dari tampungnya bikin flyover antasari 5 km FVA besarri itu 800 miliar tahun 2013. Nah, sementara bikin MRT Lebak Bulus ke HI itu 16 kilo itu enam belas T. Jadi kalau ngomongin itungan perkilometernya MRT itu satu T satu KM. Nah kalau si Flyover antasari kita buleti lah biar gampang karena kena inflasi beda tahun. Kalau matikan 2018 inikan flever 2013 anggaplah kena inflasi satu T buat bangun flyover antasari biar gampang aja ngitungnya.

Berarti satu KM flyover itu harganya 200 miliar, sementara satu KM MRT satu T. Berarti kan sebenarnya harga MRT itu cuma lima kali lipatnya Flyover doang, tetapi daya tampungnya berapa tuh? 4005 km dibandingin dengan 100 meter bisa nampung 2000 orang jauh banget gu ampe bingung mau ngitung berapa kali lipatnya terlalu jauh.

Harganya cuma lebih mahal 56 kali lipat buat bangun tapi daya tampungnya lebih gila, lebih sinting, lebih hebat. Jadi kita ga bisa bandingin flyover sama MRT, terlalu jauh.

BAB II | Transportasi Umum Terintegrasi Harus Segera Dibangun

Kalau pemerintah itu ngatasin macet dengan cara nambahin jalan itu adalah cara yang populish. Karena semua orang ya bakal seneng kalau jalannya ditambahin kan kalo ada pembangunan flyover pasti orang seneng pasti bakal bilang ini walikota top, Ini gubernur mantap, pada masalah awal-awalnya aja akan kelihatan lebih enggak macet, tapi perlahan-lahan bakal macet lagi kan? Dengan nambahin jalan lu itu bakal bikin orang mau bawa mobil. Begitu tahu ada flyover baru orang yang tadinya nggak ba mobil jadi bawa mobil karena mikir itu pasti sekarang nggak bakal macet. Nih. Ada flleyover baru.

Ya paling tahan tiga bulan pertama doang tuh bikin gak macetnya. Setelah itu macet lagi kayak dintasari. Kalau arah Cilandak pulang kerja tuh di atas lebih macet dibanding di bawah. Itu fakta yang gak bisa dibantah.

Makanya kan bisa diganti itu seandainya bisa diganti itu flyover. Mendingan tuh dulunya tuh dengan modal yang lebih banyak sedikit di awal lebih mahal lima kali lipat aja mendingan lu bikin LRT atau MRT tambahan lah dari arah blog M mencar tuh kantasari nyampe ke desa nyampe ke Simatupang kemana kek mendingan begitu. Ini longntam bakal lebih berguna meskipun awal lebih mahal. Kita harus bikin di Jakarta itu biar enggak macet ya bikin transportasi umumnya kayak jaring laba-laba bisa kemana-mana gitu loh. Enggak?

Cuman segaris doang sekarang kan masih bolong, Gimana cara orang dari Lebak Bulus mau ke Depok? Nggak ada keretanya, musti muter-muter naik MRT dulu, terus nyambung LRT baru nyambung KRL kejauhan. Begitupun dengan orang yang mau dari Depok, mau ke BSD terlalu jauh muternya.

Penutup

Nah ini buat tambahan referensi gue. Ada gambar dari Google nih, ada studinya. Ini base on study daya tampung mode transportasi perjamnya. Jadi tiap mo transportasi perjam itu ditampungnya bisa dihitung tuh ini ada studinya. Ini buat gambaran aja, mode transportasi kayak mobil sama MR itu jauh banget dari tampungnya. Jadi kalau mau macet lagi-lagi jawabannya cuman satu bukan flaver lu bikin tiga lapis kayak di Cina zaman dulu, bukan bukan itu jawabannya!. Cuman satu public transport selesai.

Gamal (Ganteng Maksimal)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama