Saat Minyak Sudah Habis

 


Mulai dari transportasi, alat rumah tangga, hingga alat produksi hari-hari kita ga bisa lepas dari minyak. Tapi coba bayangin kalau suatu saat minyak dunia hilang, semua orang mungkin bakal repot. Oke, apakah suatu saat minyak dunia akan habis? Dan apa yang terjadi di saat hari itu tiba.?

Jadi ada penelitian yang bilang kalo minyak bumi ga bakal abis ga lama lagi. Semua ini gara-gara kita ngabisin 35 miliar barel minyak tiap tahunnya. Ini bisa dipake buat ngisi 2,2 juta kolam renang Olimpiade. Nah, kalau minyak dunia abis, dunia bakal berhenti bergerak. Mobil motor mogok, pesawat ga bisa terbang. Bahkan mungkin penerbangan roket pun juga diundur terus kita bakal susah nenteng belanjaan. Soalnya plastik yang terbuat dari minyak berhenti diproduksi mobil. Tas mungkin udah berhenti dibikin juga. Soalnya banyak jenis kain yang terbuat dari minyak bumi. Artinya, pakai kain yang dijual di toko juga kemungkinan cuma terbuat dari serat alami, nyuci baju juga bakal susah, soalnya deterjen mengandung minyak.

Terus kalau HP atau barang elektronik kalian rusak dan me bisa diganti, kemungkinan besar nggak bisa. Soalnya banyak komponen yang ga bisa dibikin lagi, dan mungkin ini yang paling nggak kebayang kita bakal kesusahan buat beli Skin care dan make up salah banyak yang mengandung minyak, biasanya buat jadi pelembab. Oke, meskipun kedengarannya gila, nyatanya skenario- skenario ini ternyata sangat mungkin terjadi. Tapi kalau gitu gimana ngatasinnya.?

Oke buat ngatasin masalah transportasi. Sebenernya kita bisa pake kendaraan elektrik, terus Sebenarnya plastik, kain, dan komponen elektronik bisa tetap dibuat dengan cara daur ulang yang udah ada dan barang-barang lain yang tadi disebutin juga punya alternatif tanpa minyak. Jadi manusia bisa aja hidup tanpa minyak. Selain itu sebenarnya ada yang namanya biofuel minyak tapi bukan dari dalam bumi, melainkan dari tanaman yang difermentasi bisa buat jadi pengganti bensin dan sumber energi.

Selain karena bakal habis, kita juga butuh pengganti minyak karena minyak bumi itu kurang ramah lingkungan ya. Proses pengambilan minyak produksinya dan benda-benda yang terbuat dari minyak bikin pencemaran di darat, laut, tanah, dan udara. Jadi kita emang harus siap-siap ngucapin selamat tinggal sama minyak. Nah, penggunaan biofuel ini juga mungkin bisa jadi opsi terus. Dampak lingkungannya pun juga ga sebesar minyak. Tapi perusahaan yang produksi bio fuel tetep harus mehatiin aspek-asaspek ini biar nggak bikin pencemaran. Dan sebenarnya Indonesia itu negara ketiga produsen biofuel terbesar di dunia. Ngalahin mereka-mereka ini dan negara kita juga udah punya program-program yang ngedukung peralihan masyarakat buat pake biofuel.

Ya. Jadi ternyata kita mungkin bisa aja hidup tanpa minyak asalkan punya teknologi yang tepat. Kita harus mulai siap-siap dari sekarang biar generasi penerus kita ga kaget ketika minyak udah beneran, lenyap.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama