Atap Panel Surya


Coba tengok keluar dan lihat lagi sepanas apa, selain langsung nyari kipas, mungkin kalian juga jadi kepikiran semua sinar yang rasa berlebihan ini harusnya bisa kita manfaatkan pake panel surya. Nah, biar bisa dapetin panas, maksimal ga makan tempat dan bisa langsung isi listrik rumah kita. Gimana kalo atap rumah kita aja yang jadi panel surya dan apa jadinya kalau semua rumah kayak begini?

Oke buat ngitung pastinya kita perlu tahu dulu ada berapa rumah di Indonesia, berapa luas atapnya, dan mesti bisa bedain mana rumah yang beneran isi mana yang cuma dipake buat uji nyali alias susah? Tapi ada penelitian yang pernah ngitung kalo ini diterapin di Jakarta dan diperkirakan bakal ada atap rumah seluas 4200 lapangan bola yang bisa dijadiin panel surya. Dari situ kita bisa dapetin listrik super banyak yang setara ngidupin 18 juta orang Indonesia selama setahun. Gila banget dan ini baru di satu daerah aja. Bayangin kalo programnya diterapin ke satu Indonesia. Nah pertanyaannya, kenapa panel surya atap ini enggak kita jalanin aja?

Mungkin masalah utamanya udah ketebak duit walaupun bisa menghemat biaya listrik bulanan nantinya. Tapi buat masang pertama perlu ngeluarin banyak uang. Di sisi peraturan pun banyak yang dipertimbangin, salah satunya kalau energi berlebih yang kita dapetin kita jual ke pihak lain. Masalah keuntungan ini yang belum jelas dan itupun kalo ngomongin energinya berlebih, tapi masalahnya belum tentu juga. Kalau cuaca nggak mendukung, bisa aja energi yang dihasilin dikit dan jadinya tetep perlu beli listrik biasa lagi, belum lagi resiko dari hal-hal yang ga diinginkan.

Ya di atap ataupun bukan nyatanya diantara sumber energi di Indonesia panel surya masih jadi anak bawang. Tapi bukan berarti ini mustahil dikembangin. Berbagai negara pun berlomba-lomba buat gunain panel surya sebanyak mungkin. Bisa jadi sekarang emang Indonesia masih ketinggalan, tapi potensi kita nggak kalah besar.

Kita juga terus-terusan ngebangun pembangkit listrik terbarukan dan proyek-proyek pendukungnya. Misalnya program Desa Energi Berdikari, program ini nyediain energi bersih di puluhan desa dengan kebanyakan berupa pembangkit listrik tenaga surya ga cuma nurunin gas rumah kaca, punya energi sendiri ngebikin desa-desa ini akhirnya bisa ningkatin ekonomi mereka.

Langkah selanjutnya adalah nyoba nerapin ini di lebih banyak daerah di seluruh Indonesia. Sekarang kita tahu akhirnya potensi energi tenaga surya di Indonesia dan surya pun baru satu dari banyak pilihan sumber energi bersih. Kalau kesampaian bayangin bisnis banyak, apa energi melimpah? Semaju apa ekonomi kita? Dan sebiru apa langit kita nanti? Ya semua ini bisa terwujud kalau peralihan energi terbarukan berjalan lancar yang tentunya butuh kerjasama banyak pihak.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama