Jika Subsidi Bensin dan Gas Dihapus

 


Waktu muncul berita harga bahan bakar mau naik, kita langsung ngeluh antrian beli BBM langsung mengular sebelum harganya naik, semua pada nyetok tabung gas. Tapi apa jadinya kalau seandainya subsidi bensin dan gas mendingan dihapus semua? Apa yang bakal terjadi?

Yang jelas karena pemerintah berhenti nalangin harga bensin dan gas akan naik sesuai dengan harga asli baru naik sedikit aja biasanya harga pokok langsung jadi mahal. Belum lagi nampaknya bisa merembet ke ekonomi negara. Dan kalau asal dihapus aja efeknya tentu jadi nggak baik. Contohnya kayak negara Nigeria yang beberapa tahun lalu pernah ngapus subsidi bbmnya karena ga ada rencana buat ngimbangin perubahan harga kebijakan ini malah berpotensi ningkatin jumlah penduduk miskin, bahkan sempet bikin kerusuhan di beberapa kota. Oke, tapi apakah kita sebergantung itu sama subsidi gas dan bensin.?

Kalau dilihat dari dana yang dipake, subsidi BBM kita termasuk salah satu yang terbesar di dunia. Itu cuma buat bensin. Dana segede ini juga dikeluarin pemerintah untuk ngalangin tabung gas ijo. Awalnya subsidi gas ini dibikin buat ngilangin penggunaan minyak tanah. Karena ga cuma bikin polusi bahan bakar. Ini bahaya buat kesehatan kita. Tapi udah biaya besar banyak subsidi ini malah nyasar ke orang yang salah. Oke kalau gitu ada nggak cara lain biar subsidi ga ngebebanin pemerintah tapi nggak juga bikin sengsara rakyat?

Oke mungkin kita bisa liat ke negara-negara lain. Contohnya kalau di Tiongkok mereka majuin sektor kendaraan listriknya buat ngurangin penggunaan bensin.

Kalau di India, pemerintah yang bikin program alat masak bertenaga surya buat ngurangin penggunaan LPG. Indonesia juga berusaha cari alternatif lain. Nah, salah satunya itu lewat jaringan gas ya. Jadi gasnya itu bakal dikirim langsung ke rumah lewat pipa. Jenis gas yang dipake juga beda, nggak perlu bergantung sama minyak bumi. Dan karena ga perlu diantar kemana-mana, harganya juga bakal turun. Kalau dibandingin masak air pakai jaringan gas alam sama tabung gas LPG kalian cuma perlu ngeluarin segini. Enggak cuma bikin irit kantong kita program Jargas ini juga bisa ngurangin biaya subsidi energi. Pemerintah sape segini banyaknya. Pemerintah udah berhasil nyambungin ratusan ribu rumah dan berencana buat bikin 2,5 juta rumah tersambung di tahun ini.

Ngurusin subsidi bensin dan gas emang bukan PR yang gampang tapi gimana pendapat kalian? Kira-kira kalo duitnya ga buat subsidi bahan bakar, bagusnya kita pakai buat apa anggarannya?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama